Dork Sevensize

Rabu, 09 Maret 2011

Dunia RepTiL Yang Menapjupkan

Reptil Purba Bertelur di New Zealand
 
 



Empat telur tuatara ditemukan oleh staf di Karori Wildlife Sanctuary di Wellington. Manager konservasi Rouen Empson mengatakan, bertelurnya binatang ini merupakan bukti kuat bawah binatang ini beranak-pinak dan kemungkinan besar jumlahnya lebih banyak.

Empson mengatakan, anak tuatara kemungkinan akan menetas dalam waktu dekat hingga Maret mendatang. Tuatara merupakan reptil mirip naga dengan ukuran hingga 80 cm.

Reptil ini merupakan kerabat dekat spesies yang hidup dimuka bumi pada jaman dinosaurus lebih dari 200 juta tahun lalu. Binatang ini punya karakteristik unik dua lubang di bagian atas gigi. Bagian putih di kulit yang disebut mata ketiga, bisa menghilang saat dewasa.

Tuatara yang merupakan binatang asli di New Zealand, mendekati punah di negara itu dan tersisa 17000 ekor akibat masuknya predator semacam tikus. Binatang ini masih hidup di pantai-pantai di 32 pulau.

Pengumpulan 70 tuatara dilakukan di Karori Sanctuary pada 2005. Sedangkan 130 dilepaskan ke alam pada 2007.

Lembaga ini dibangun untuk mengembangbiakkan burung asli, serangga dan binatang lain secara aman dan bebas dari predator.

Empson mengatakan hanya empat telur yang ditemukan dan biasanya berisi 10. Telur dikubur kembali untuk menghindari rusaknya inkubasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar